Tips bagaimana menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh

kebanyakan dari masyarakat kita ketika mendengar kata kolesterol selalu yang terlintas dalam pikiran adalah lemak jahat, padahal gak mesti selalu seperti itu. dibawah ini kami akan mengupas sedikit tentang apa itu kolesterol dan bagaimana cara mengatasi kolesterol yg berlebihan dalam tubuh.

Apa itu kolesterol ?

bahaya kolesterol tinggi

Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain itu, kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Menurut laporan WHO pada tahun 2011, diperkirakan sekitar 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal yang baik untuk kesehatan. Artinya sepertiga penduduk Indonesia berisiko tinggi terkena penyakit arteri.

Kelebihan kolesterol bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi atau karena kurang berolahraga. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi akibat faktor keturunan.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah gaya hidup. Berikut ini adalah hal-hal yang dikategorikan sebagai gaya hidup tidak sehat yang berisiko tinggi memicu peningkatan kadar kolesterol jahat pada darah.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal yang paling berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam darah adalah tingginya kadar lemak jenuh dalam makanan tersebut. Makanan-makanan yang tinggi kadar lemak jenuhnya antara lain santan, jeroan, otak sapi, daging kambing, daging bebek dengan kulit, kulit ayam, kerang, udang, cumi, dan telur burung puyuh.

Keengganan untuk berolahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik. Terutama bagi Anda yang merokok, pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Akibatnya bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis. selain itu Kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi minuman keras juga sebagai penyebab kolesterol tinggi.

Agar kadar kolesterol jahat di dalam darah tidak meningkat, disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Contoh-contoh makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi adalah:

Jeroan
Santan
Otak sapi
Telur burung puyuh
Kulit ayam dan bebek
Daging kambing
Kerupuk
Goreng-gorengan
Cumi
Kerang
Sebaliknya, lemak tidak jenuh adalah lemak yang memberi manfaat baik bagi kesehatan. Lemak tidak jenuh mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan membantu mengurangi penyumbatan di dalam arteri. Contoh-contoh makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh adalah:

Avokad
Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang almond dan kenari
Minyak zaitun
Selai kacang alami
Ikan salmon, tuna, dan tenggiri.

selain dengan cara mengkonsumsi makanan di atas, anda bisa mencoba menggunakan minyak kutus kutus untuk mengatasi kolesterol tinggi. minyak kutus kutus merupakan minyak herbal asli bali, yang sudah terdaftar di BPOM. minyak ini sangat ampuh mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya kolesterol tinggi. silahkan kunjungi www.minyakkutuskutus.co untuk info lebih jauh.

 

Leave a Reply

9l0-012 101-400 300-085 og0-093 1z0-061 70-488 1z0-062 The local VLAN configuration is updated only when an update that has a higher OG0-093-dumps 210-255-dumps dumpinside 200-120 Best Cisco 100-101 Questions And Answers 070-411 70-410 C2020-703 210-250 dumps 210-255 dumps 200-150 dumps 200-155pdf 300-160 dumps 300-165 dumps
error: Content is protected !!